Bumi Perkemahan Kiarapayung - Sensasi Kemping Ternyaman Di Bandung Timur

Bumi Perkemahan Kiarapayung - Bumi perkemahan kiarapayung merupakan tempat wisata yang perlu anda kunjungi karena pesonanya yang tiada dua nya serta terkenal dengan suasanya yang asri, segar, dan sejuk.

Daerah ini ada di kawasan kaki Gunung Manglayang disebelah utara dan berhadapan langsung dengan Gunung Geulis disebelah timur.

Bumi Perkemahan Kiarapayung

Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor 

Lokasinya sendiri berada di kawasan pendidikan jatinangor, di pintu gerbangnya ada sebuah tugu tunas kelapa yang cukup unik. 

Setelah melewatinya ada dua jalan yang terbagi yaitu jalur kanan, dan kiri. Kedua jalur tersebut akan bertemu di titik pusat yang sama yaitu kiarapayung.

Peserta yang biasa datang untuk berkemah disini biasanya adalah murid – murid sekolah pramuka, siswa yang melaksanakan MOS ( Masa Orientasi Siswa ) dilapangan, mahasiswa dari berbagai kampus sedang ospek,.

Tapi tak hanya sekedar berkemah penduduk yang hanya sekedar berkunjung untuk bersantai dan piknik bersama keluarga, foto praweding, atau bahkan olahraga seperti sepak bola dan jogging pun banyak ditemui dikawasan ini.

Wisata Alam dan Sejarah Bumi Perkemahan Kiarapayung

Dikawasan ini pun terdapat beberapa tempat wisata sejarah yang bisa anda kunjungi misalnya Jembatan Cingcin, jembatan bekas rel kereta api zaman Belanda ini berada dikawasan kampus Unpad sebrang fakultas Fikom.

Menara Loji bekas lonceng raksasa yang dulu digunakan sebagai tanda istirahat para pegawai perkebunan jatinangor. 

Menara warna putih ini berada di dekat kampus ITB atau sebelum masuk Bandung Giri Gahana yang berada disebelah kiri jalan.

Di sinilah salah satu kawasan Bumi Perkemahan yang berkelas Nasional, Bumi Perkemahan kiarapayung atau sekarang dengan nama Bumi Perkemahan Mashudi berada dikawasa Jatinangor tapi lebih percisnya buper ini berada di kampung Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Buper Kiarapayung biasa digunakan untuk kegiatan berkemah dan aktivitas alam terbuka,baik itu perkemahan organisasi atau perkumpulan komunitas.

Tempat wisata berkemah yang selalu ramai dikunjungi hari biasa maupun hari libur, tempatnya sangat indah dan akan memberikan sensasi yang berbeda dengan kehidupan kita sehari-hari.

Yang menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung adalah selain karena pesona keindahan yang tiada duanya, udara sejuk karena berada dibawah kaki Gunung Manglayang, serta pepohonan disekeliling kita serta penduduk lokal yang sangat ramah tamah terhadap pengunjung lokal maupun asing.

Konon nama kiara payung diambil dari nama pohon kiara ( pohon ) dalam bahasa sunda, dan payung ( bernaung ).

Bumi Perkemahan Kiarapayung pernah di pakai kegiatan pramuka  Jambore Nasional 2006, selain untuk perkemahan kawasan ini sering dijadikan tempat untuk kegiatan lainnya seperti pertandingan sepak bola atau kegiatan outdoor lainnya.


Karena terdapat Lapangan Sepak Bola yang cukup luas didalam kawasan tersebut, olahraga sepeda gunung ( mountain Bike ), piknik bersama keluarga, camping ground, trekking, hunting foto.

Atau bahkan acara outing yang biasa digelar oleg perusahaan, dan apabila hujan turun disana terdapat beberapa shelter yang bisa digunakan untuk berlindung selagi menunggu hujan reda.


Harga Tiket Masuk  Bumi Perkemahan Kiarapayung

Harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa, yaitu :  

Weekday, harga tiket masuk Bumi Perkemahan Kiara Payung adalah Rp10,000
Weekend, harga tiket masuk Bumi Perkemahan Kiara Payung adalah Rp10,000

Fasilitas 

Bumi perkemahan Kiarapayung merupakan kawasan perkemahan yang bisa dibilang cukup lengkap fasilitasnya untu pengunjung, antara lain :

  • Area Parkir 
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Penginapan
  • Dan masih banyak lagi

Transportasi

Karena berada dikawasan pendidikan jatinangor, Buper kiarapayung bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor, maupun kendaraan umum, disini disediakan angkutan umum dengan jurusan Cileunyi – Tanjungsari, Elang – jatinangor, Kebon Kalapa – Tanjungsari, atau BUS Damri Dipatiukur – Jatinangor.

Bus umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda.

Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Obyek Wisata Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang, Jawa Barat.

Alamat 

Bumi Perkemahan Kiara Payung Kab Sumedang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia.
Tepatnya di Jl.Pramuka RT.1234 / RW.005, Desa Sindangsari, Sukasari, Cilayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45366.

Saran dan Tips

Saran dan Tips sebelum masuk perkemahan Kiara payung, sumedang, jawa barat anda perlu mempersiapkan keperluan yang perlu disiapkan terlebih dahulu serta beberapa keperluan tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan momen saat berada disana.

Serta jangan lupa membawa uang tunai karena disana anda susah mencari ATM, juga perlengkapan kesehatan sepert sabun, sampo, tisue basah, antiseptik, plester, serta siapkanlah fisik yang prima serta kendaraan dalam kondisi baik supaya acara berkemah anda berjalan baik dan menyenangkan.

Nah, sahabat jalan jalan itulah ulasan mengenai Bumi Perkemahan Kiara Payung yang telah kami ulas semoga bisa menjadi refrensi anda untuk rencana mengisi waktu liburan anda di akhir tahun ini.

Serta anda juga bisa menghubungi travel agent Mawa Holiday untuk berwisata atau berkemah di Bumi Perkemahan Kiarapayung ini dengan menghubungi admin untuk sekedar info jangan sungkan untuk bertanya karena admin nya sangat ramah 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama