Wisata Taman Ir.H DJuanda - Mengenal Goa Peninggalan Masa Penjajahan

Wisata Taman Ir.H DJuanda - Wisata Taman Ir H Djuanda atas biasa dikenal TAHURA atau Dago Pakar merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan alam tanaman yang terletak di kota Bandung, indonesia. 

Sangat cocok bagi anda penyuka alam di bandung tak ada salahnya anda berkunjung ke taman ini ketika anda sedang berada di bandung.

Wisata Taman Ir.H DJuanda

Wisata Taman Ir. H DJuanda Dago Bandung

Luas taman hutan ini mencapai 590 hektar membentang dari kawasan dago pakar sampai maribaya. Letak taman ir H Djuanda atau tahura terletak di kampung pakar, desa ciburial kecamatan cimenyan.

Diatas tanahnya yang subur terdapat sekitar 2500 jenis tanaman yang terdiri dari 40 familia dan 110 spesies, pada tahun 1965 luas taman hutan ini 10 hektar saja namun saat ini sudah mencapai 590 hektar.

Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Dinas kehutanan pemda provinsi jawa barat yang sebelumnya berada dibawa naungan  ferum perhutani.

Untuk kunjungan ke taman ini biasanya bisa dikunjungi setiap hari yang waktu bukanya yaitu jam 08.00 – 18.00, setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk untu lokal sebesar Rp. 11.000 per orang dan untuk wisatawan asing Rp. 75.000 per orang.

Untuk menjelajahi seluruh hutan maka akan memakan waktu 2-3 jam dan semua jenis kendaraan bisa masuk ke hutan ini melalu jalan pintu utama.

Tapi jika memakai angkutan umum seperti angkutan kota atau Bis hanya sampai lapangan parkiran saja.
Kawasan ini biasanya cukup ramai saat akhir pekan terutama hari minggu saat banyak orang yang hanya sekedar bertamasya sambil menikmati udara sejuk dari kawasan hutan.

Atau sekedar menikmati olahraga lintas dengan rute tahura – maribaya, yang pasti berjalan disini akan sangat menyenangkan karna udara yang relatif segar dan bersih.

Selain udaranya disini yang asri juga terdapat tempat wisata yang wajib kamu kunjungi diantaranya :

Goa Jepang

Merupakan peninggalan pada masa penjajahan Jepang di indonesia, goa ini diperkirakan dibangun oleh para pekerja paksa atau romusha

Goa ini terdapat 4 pintu dan 2 saluran udara dan dibangun pada Tahun 1942, untuk meuju goa anda perlu berjalan sepanjang 600m dari gerbang utama.

Goa Belanda

Dibangun pada tahun 1918 goa ini diperkirakan dipakai untuk kegiatan militer seperti markas, penjara, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi dan juga PLTA.

Sepintas goa belanda nampak lebih modern dan cukup bagus dibandingkan dengan goa Jepang.

Curug Omas

Curug omas sering kali disebut dengan curug maribaya karena memang letaknya di kampung maribaya lembang.

Curug omas memiliki ketinggian 30 meter, curug ini merupakan pertemuan antara dua aliran sungai yaitu sungai cikawari dan sungai cigulung, yang pada akhirnya membentuk aliran sungai Cikapundung Hulu. 

Letak curug omas dekat dengan tempat wisata maribaya bandung jadi bila berkunjung kesini bisa sekalian sepaket wisatanya.

Curug Lalay

Curug ini memiliki ketinggian yang diperirakan sekitar 30 meter dan lokasinya tersembunyi di dalam lembah, disekitar sisi curug lalay ini terdapat cerukan seperti Gua dan disanalah terdapat banyak kelelawar maka dari itu diberi nama curug lalay yang berarti kelelawar.

Curug Dago

Berbeda dengan curug atau air terjun lainnya curug ini memiliki ketinggian tidak kurang dari 12 meter dan ketinggian 800 meter diatas permukaan air laut.

Tebing Keraton

Tempat ini tentunya sudah tidak asing lagi karna tempat ini sudah begitu terkenal di sosial media di semua kalangan.

Tempat dan suasananya yang instagramable menjadi tujuan para pengunjung, untuk menuju tebing keraton anda tinggal belok kanan dari pertigaan masuk TAHURA Dago.

Penangkaran Rusa

Selain kita mendapatkan udara yang segar,, pemandangan yang hiaju dan pohon pohon yang rindang kita juga bisa sambil melihat rusa karena ditempat ini terdapat penangkaran rusa di taman hutan Djuanda ini, rusa yang ditangkarkan adalah jenis rusa tutul.

Hikking

Jika anda adalah pecinta hikking ditempat ini adalah tempat yang cocok untuk hobi ini karena jalur untuk pejalan kaki disini cukup bagus, selain anda bisa wisata anda juga bisa berolah raga berjalan kaki yang jalurnya sudah tertata rapih.

Dan jika anda sudah puas berkeliling di taman hutan raya anda bisa beristirahat sekedar ngopi – ngopi di salah satu cafe kopi yang sedang ngehits yaitu Armor Kopi Bandung.

Tempatnya berada di area hutan pinus dekat dengan gerbang utama TAHURA, areanya yang segar ditengah tengah hutan pinus tentu akan membuat anda menikmati bersantai atau sekedar ngopi di tempat ini.

Sarana Pendukung

Sarana pendukung di area ini sudah cukup lengkap seperti area parkir yang luas, terdapat banyak penjual makanan sehingga anda tidak harus bingung ketika merasa lapar dan haus.

Toilet juga sudah tersedia tapi hanya di beberapa sudut saja yaitu seperti di area gerbang, dan jalan menuju goa jepang.

Tempat bermain anak, sarana outbond, sarana olahraga, bumi perkemahan, Area paintball, Guest House, Area pertunjukan.

Jadi jika anda datang bersama keluarga untuk menikmati liburan pun tempat ini juga sangat cocok untuk masuk dalam daftar tujuan wisata anda saat ke kota Bandung.

Alamat Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Kompleks Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat 40198 kontak Tahura Bandung di 022-2515895

Sahabat jalan jalan itulah beberapa ulasan mengenai Wisata Taman Ir. H Djuanda yang bisa kami rangkum, semoga bisa membantu anda dalam mencari informasi mengenai destinasi wisata anda ke kota Bandung.

Jika anda masih merasa bingung mengenai rencana anda wisata ke kota Bandung anda bisa menggunakan jasa travel agent Mawa Holiday untuk informasi lebih lengkap karena anda akan dibantu dari mulai akomodasi, tiket wisata, makan siang dan malam, serta tempat anda menginap karena ada harga spesial menanti anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama