Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta - Review Lokasi, Fasilitas Dan Harga

Hallo sahabat Mawa Holiday yang budiman, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Kembali lagi dengan admin disini.

Kali ini admin mau bagi bagi informasi mengenai kenun binatang terbesar di Yogyakarta yaitu “ Kebun Binatang Gembira Loka”.

Nahh, sudah tidak asing lagi bukan dengan nama tempat ini? Kurang afdol bukan jika kalian datang berkunjung ke Yogyakarta tetapi belum pernah berkunjung ke objek wisata ini? Coba sesekali masukan kebun binatang ini kedalam list liburan kalian yaa.

Apalagi jika membawa anak- anak tentunya mereka akan senang dan bembira sekali bukan? Tenang, jangan bingung nanti disana bagaimana atau kalian bertanya – tanya ada apa saja disana atau lain sebagai hal.

Nah kesempatan kali ini juga admin ingin berbagi informasi terkait Kebun binatang gembira loka Yogyakarta – Review lokasi, harga dan fasilitas serta tips untuk kalian yang ingin berkunjung ke  objek wisata ini.

Semoga artikel kali ini dapat memberi manfaat untuk para pembaca yang sedang memiliki rencana untuk berwisata ke daerah Yogyakarta. Langsung saja yuk kita bahas bersama!

Kebun binatang gembira loka jogja

KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA

Kebun binatang Gembiraloka merupakan kebun binatang terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kebun binatang dengan luas 20 hektar ini memang pantas menjadi kebun binatang terbesar yang ada dikota pelajar.

Kebun binatang ini berisi berbagai macam hewan dari berbagai spesies seperti orang hutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan masih banyak hewan didalamnya.

Baca Juga : Paket wisata bandung jogja harga murah all in

Kebun binatang gembiraloka ini memiliki banyak sekali keistimewaan seperti satwa dikembang – biakkan, sarana prasarana lengkap, wahana permainan, area konservasi serta kerap sekali ada pertunjukan atraksi menarik yang disuguhkan di kebun binatang ini.

SEJARAH SINGKAT KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA JOGJA

Awal pembangunan kebun binatang gembiraloka ini berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 untuk membangun sebuah tempat hiburan untuk rakyat yang merupakan kebun raya ( Kebun Rojo).

Keinginan tersebut direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan dibantu oleh Ir. Karsten, dia adalah seorang arsitek berkebangsaan Belanda.

Ir. Karsten memilih lokasi pembangunan yaitu di sebelah barat sungai Winong, karena ia mengganggap sungai tersebut merupakan tempat yang sangat cocok untuk pembangunan kebun rojo. Namun karena adanya perang dunia ke 2 pembangunan kebun rojo sempat berhenti.

Saat proses pemindahan ibu kota Negara dari Yogyakarta ke Jakarta pada tahun 1949 dan setelah selesainya perang dunia ke 2, munculah sebuah ide untuk memberikenang – kenangan kepada masyarakat Yogyakarta berupa sebuah tempat hiburan dari pemerintah pusat oleh Januismadi dan Hadi S.H.

Ide tersebut membuat masyarakat Yogyakarta senang dan disambut hangat oleh masyarakat Yogyakarta, tetapi realisasinya masih belum dirasakan oleh masyarakat.

Hingga tahun 1953 berdirinya yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VII, maka pembangunan kebun rojo yang dulu pernah tertunda dapat direalisasikan kembali.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1959 KGPAA Paku Alam memilih Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka.

Tirtowinoto dipilih karena dinilai memiliki kecintaan kepada alam dan minat yang besar untuk perngembangan Kebun Binatang Gembira Loka ini.

Kecintaan dan minat besar untuk pengembangan tempat ini yang tidak sedikit membuat Gembira Loka berkembang sangat pesat.

Puncak berkembangnya Gembira Loka ini terletak pada tahun 1978 saat koleksi satwa yang dimilikinya menjadi semakin lengkap, sehingga membuat pengunjung menjadi tertarik dan meningkat.

Gembira Loka dulu sempat rusak akibat terkena gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Tetapi setelah direnovasi Gembira Loka masih tetap menjadi incaran wisatawan untuk dikunjungi.

KOLEKSI SATWA KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA JOGJA

Koleksi satwa yang dimiliki Gembira Loka dari berbagai jenis spesies diantaranya hewan mamalia, yaitu terdapat gajah.

Ada beberapa ekor gajah yang ditampilkan bahkan bisa untuk dinaiki. Didepan kandang gajah pun terdapat orang utan Kalimantan dan Simpanse.

Ada juga ikan- ikan besar diantaranya yaitu Arapaima, Aligator spatula, Tiger Catfish, dan Bawal. Selain itu di gembira loka pun terapat hewan reptile dan amfibi diantaranya yaitu katak, buaya, ular, kura- kura, serta masih banyak lagi satwa yang ada didalamnya.

WAHANA REKREASI GEMBIRA LOKA

Terdapat banyak sekali wahana rekreasi di kebun binatang gembira loka ini yang dapat anda coba  diantaranya yaitu Onta Tunggang, Petting Zoo, Zoo Express, Ninebot, Kolam Sentuh, Gajah Tunggang, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayuh, Skuter Air, Taring ( Transportasi Keliling), ATV, Bumper Boat, Speed Boat, Perahu Katamaran.

ATRAKSI SATWA

Selain dari berbagai wahana rekreasi dan koleksi satwanya, dikebun binatang gembira loka ini pun menampilkan beberapa atraksi darin satwa – satwa yang ada disana diantaranya yaitu :

BIRD SHOW 

Atraksi Bird show ini merupakan pengenalan perilaku burung saat terbang di alam liar, sehingga pengunjung dapat mengetahui perilaku burung secara langsung.

Acara bird show berada di sebelah barat kapal mayang tirta dan dekat dengan gajah resto. Jenis burung yang ditampilkan antara lain elang jawa, elang laut, burung kangkareng, burung hantu, dan kakatua jambul kuning.

Atraksi wisata bird show ini dapat kalian saksikan setiap hari pada pukul 10.30 WIB hingga 13.30 WIB.

INTERAKSI REPTIL 

Interaksi reptile merupakan area yang berada didalam zona RAP ( reptiles & amphibian park). Pengunjung dapat berinteraksi, bercengkrama, dan bersentuhan langsung dengan beberapa satwa seperti ular phyton, iguana, kura- kura dll. Tidak perlu khawatir karena dijaga oleh para keeper yang selalu bersiaga.

Selain itu terdapat pula edukasi - edukasi yang unik di Gembira Loka seperti Presentasi dan edukasi Satwa serta Feeding Time Satwa.

LOKASI GEMBIRA LOKA JOGJA

Kebun binatang gembira loka ini berlokasi di Jl. Kebun Raya 2 Yogyakarta. Letak kebun binatang ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Hanya dengan menempuh perjalanan selama sekitar 20 menit saja , para wisatawan yang berada di Malioboro, Alun- alun, dan sekitarnya dapat sampai ke kebun binatang ini.

HARGA TIKET MASUK GEMBIRA LOKA

 Harga tiket masuk kebun binatang ini tergolong murah yaitu berkisaran sekitar :
  • Rp. 30,000,- Weekday dan Rp. 35,000,- Weekend.
  • Tumpang gajah Rp. 10,000,- 
  • Tumpang Unta Rp. 10,000,- 
  • Perahu katamaran Rp. 10,000,- perorang 
  • Untuk wahana lainnya Rp. 10,000,- 
Harga sewaktu- waktu dapat berubah saat liburan tiba.

FASILITAS GEMBIRA LOKA

Fasilitas di kebun binatang ini cukup terbilang lengkap diantaramya yaitu mushola, toilet, food court / kuliner, sentral service, stroller bayi, kursi roda, gelang anak, mayang tirta, lahan parkir yang luas, tempat sampah, dan lain sebagainya.

TIP WISATA GEMBIRA LOKA

  • Berhati – hati dengan barang bawaan anda.
  • Pastikan bahwa anda dan rombongan anda dalam keadaan sehat.
  • Siapkan kamera terbaik kalian untuk mengabadikan setiap moment yang terjadi agar dapat menjadi kenang – kenangan dikemudian hari. 
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman saat melakukan kunjungan kesana. 
  • Jika anda membawa anak kecil pastikan berada dalam pengawasan anda. 
  • Dilarang sekali merusak fasilitas yang disediakan disana. 
  • Jagalah lingkungan agar tetap asri . 
  • Yang paling penting jangan buang sampah sembarangan, atau kalian dapat membawa kantung keresek sendiri untuk mengumpulkan sampah yang kalian tadi pakai. 

Sahabat Mawa holiday tercinta, bagaimana sudah cukup belum informasi yang telah admin paparkan diatas? Semoga menjadi referensi untuk kalian semuanya yang akan berlibur ke Yogyakarta.

Nah sahabat Mawa Holiday Bandung, kunjungan wisata ini dapat kalian kombinasikan dengan kunjungan wisata lainya yang ada di jogja dan sekitarnya. 

Mawa Holiday menyediakan berbagai macam Paket Wisata Jogja Dari Bandung dengan kemasan paket tour yang unik dan menarik. Untuk info selanjutnya sahabat dapat menghubungi di kontak yang tertera pada official web ini.

Dan disana kalian akan menemukan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Terimakasih dan selamat berlibur.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama