Dago Tea House - Informasi Wisata Kuliner Bandung

Sejak tahun 1980-an Dago Tea House sudah menjadi tempat nongkrong anak muda  yang popular. Dago tea house ini memiliki ketinggian sekitar 600 mdpl dengan banyak terdapat pohon-pohon tinggi di sekitarnya, jadi udara yang terdapat di kawasan dago tea house ini sangat sejuk dan jauh dari populasi udara.
Dago Tea House -  Informasi Wisata Kuliner Bandung
Dago Tea House -  Informasi Wisata Kuliner Bandung
Dago tea house terletak di kawasan Dago ( Ir.H.Djuanda, Bandung) yang memiliki panorama yang sangat indah apalagi jika kondisi pada malam hari yang diwarnai kerlap kerlip lampu kota. Tepatnya di Jalan Bukit Dago Utara No.53 Bandung, Jawa Barat. Lokasi dago tea house dinilai sangat strategis, karena berada di kawasan perkotaa yang selalu ramai dilalui oleh kendaraan dan aktivitas manusia.

Dago Tea House

Di dalam dago tea house ini terdapat teater terbuka yang merupakan bagian dari Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat atau lebih dikenal dengan Taman Budaya Jawa Barat. Di tetater terbuka ini sering diadakan berbagai atraksi kesenian oleh masyarakat Bandung. Kesenian tersebut umumnya adalah kesenian Jawa Barat, seperti pertunjukan music dan berbagai bentuk kesenian lainnya juga tidak jarang diadakan disini.

Fungsi taman budaya Jawa Barat dago tea house sebagai unit pelaksana teknis dinas, balai pengelolaan taman budaya mempunyai fungsi melaksanakan sebagian tugas pokok dinas pariwisata dan kebudayaan.

Sebagian tugas pokoknya adalah pengembangan dan pemulihan seni budaya, pengingkatan dan pemberdayaan keragaman seni budaya dan pariwisata, peningkatan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya dan sadar wisata, pengembangan wawasan dan sensitifitas terhadap isu-isu seni budaya dan pariwisata, pelayanan dan penyebarluasan informasi wisata budaya, promosi dan pemasaran wisata budaya, pelayanan teknis kegiatan seni budaya dan kepariwisataan, penatausahaan dan rumah tangga balau pengelolaan taman budaya.

Teater-teater yan terdapat di dago tea house ini ada 2 macam yaitu teater tertutup dan teater terbuka, tepat disamping gedung teater tertutup terdapat Dago Guest House, sebua Guest  House yang biasa dipakai sebuah tempat peristirahatan para tamu taman budaya Jawa Barat.

Fasilitas dago tea house

  • Arena panggung terbuka yang memiliki kapasitas hingga 1200 penonton dengan luas mencapai 1.500 m2.
  • Teater taman yang berukuran kecil yang berada di halaman depan Galeri.
  • Galeri pameran yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskusi. Dahulu galeri ini dikenal dengan nama “Roemah The” yang sering dijadikan tempat minum teh seperti nama utamanya “Dago Tea House”.
  • Sanggar seni tari yang digunakan sebagai pusat pelatihan tari Jawa Barat termasuk Jaipongan dengan luas sekitar 150 m2.
  • Perpustakaan, pada bangunan utama juga terdapat perpustakaan untuk umum yang berisi koleksi buku-buku seni dan budaya
  • Cinderamata, Anda juga dapat membeli berbagai cinderamata khas Jawa Barat, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek, dll.
  • Boga kuring, sebuah caffe yang menyajikan makanan khas sunda seperti nasi liwet, sayur asem, lalapan, dan karedok. Tersedia juga minuman tradisional sunda yaitu bandrek dan bajigur. Anda juga bisa memesan makanan khas Eropa dan Chinese Food seperti beef steak, sandwich, salad, sea food, dll. 
Untuk menuju kawasan Dago Tea House bisa masuk menyusuri jalan Ir.H.Djuanda yang ada di daerah Dago Bandung, letaknya sebelum terminal Dago Bandung, saat Anda masuk ke Dago Tea House Anda akan disambut oleh patung cepot (tokoh pewayangan dari Jawa Barat) dan gapura besar serta ada penunjuk arah dari jalan utama untuk mempermudah perjalanan Anda sampai ke Dago Tea House.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama