Situ Lembang - Info Lengkap Wisata Bandung

Situ Lembang - Hallo sahabat Mawa. Jika anda sedang mencari informasi seputar situ lembang maka anda berada di website yang tepat. Di sini kami akan memaparkan beberapa info terkait objek wisata kawasan bandung utara ini. 

Lembang merupakan wilayah Bandung utara yang memiliki banyak destinasi wisata unik dan menarik. Wajar jika di musim libur tiba lalul lintas di kawasan tersebut tergolong ramai. 

Beberapa objek wisata yang kerap di jadikan destinasi wisata utama antara lain The lodge maribaya, Floating market dan Gunung Tangkuban perahu. 

Selain itu, ada satu objek wisata yang jarang di jamah oleh wisatawan dan masih tergolong asri yaitu Situ Lembang. Tempatnya yang indah dan asri akan memberikan kesan nyaman bagi setiap pengunjung nya. 

Nah di bawah ini telah kami rangkum beberapa ulasan terkait objek wisata Situ Lembang yang mungkin dapat di jadikan sebagai info terbaik bila anda akan berkunjung ke temat tersebut.

Wisata Ke Situ Lembang

Situ Lembang Nuansa Wisata Alam Terbaik Bandung

Beberapa infromasi mengenai Situ (danau) yang berada di kawasan Bandung telah kami sampaikan seperti Situ Patenggang, Situ Cileunca, Situ Cisanti. Kali ini kami akan membahas mengenai Situ yang berada di kawasan Bandung Barat, yaitu Situ Lembang.

Meskipun kawasan Situ Lembang masih tertutup untuk masyarakat umum hingga kini karena dijadikan tempat pelatihan Kopassus.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, maka terlebih dahulu harus meminta izin ke markas tentara yang berada di Batujajar, Padalarang.

Situ Lembang merupakan sebuah danau buatan yang terletak di antara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan kaki Gunung Burangrang. Danau buatan ini dibangun pada zaman colonial Belanda pada awal era ke-20 tepatnya di tahun 1912.

Dahulu tempat ini adalah sebuah cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar dua atau tiga juta tahun yang lalu.
Letak Situ Lembang berada di ketinggian 1.576 meter di atas permukaan laut tentunya menjadikan tempat ini begitu dingin, sejuk dengan keindahan alam terbuka khas Lembang.

Dengan luas sekitar 68 Ha juga memiliki suhu udara di Situ Lembang berkisar antara 15-25 derajat celcius dengan curah hujan 2.500 mm/tahun.

Situ Lembang - Nuansa Alam Asri Pegunungan

Suasana Asri Menyejukan Jiwa

Setiap pagi hari, kawasan Situ Lembang akan selalu diselimuti oleh kabut-kabut tebal yang membuat kondisi terasa lebih dingin hingga menusuk ke tulang apalagi bagi Anda yang biasa di daerah panas. Anda dapat menghangatkan diri Anda dengan sweater atau jaket yang tebal ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat yang bisa Anda beli diwarung-warung sekitar danau.

Dan Anda juga dapat melakukan aktivitas memancing, tentunya jangan lupa bawa peralatan pancing karena danau ini mempunyai cukup banyak ikan.

Situ Lembang mempunyai sumber mata air yang datang dari hulu Sungai Cimahi dan dari hulu air Gunung Burangrang.

Lokasi danau buatan ini juga menjadi salah satu tempat penampungan air paling besar di Bandung yang digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai salah satu diantara sumber bahan baku air bersih yang sampai kini masih dipakai untuk menyuplai kepentingan air bersih warga Bandung dan sekitarnya.

Kilas Tentang Situ Lembang

Kawasan ini dahulunya sering dijadikan sebagai kawasan hutan produksi, namun sekrang fungsinya jauh lebih luas lagi sebagai tempat rekreasi dan objek wisata.

Secara geografis, kawasan Situ Lembang memang sangat memadai dan stategis untuk berlatih simulasi tempur yang menggunakan senjata seperti granat dan peluru tajam.

Maka tidak heran jika tempat ini dijadikan tempat pelatihan untuk Kopassus karena Anda akan sering melihat bedeng-bedeng di sana yang dibangun sebagai basecamp TNI disekitar wilayah Situ Lembang.

Situ Lembang juga sudah dikenal oleh pasukan khusus atau pasukan elit tentara nasional dari Negara lain seperti Negara Australia, Singapura, dan yang lainnya. Bahkan tersiar kabar bahwa tentara dari Negara Australia pernah berlatih di kawasan Situ Lembang ini.

Alamat Situ Lembang

Situ Lembang berada di Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Koordinat : -6.740301, 107.576645.

Untuk menuju kawasan ini, Anda bisa melalui Kecamatan Cisarua sepanjang 8 Km, jika dari arah Lembang sekitar 18 Km dan jika dari Cimahi 18 Km dengan sedikit jalan kaki yang masih begitu banyak bebatuan namun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Jika Anda tidak dapat izin, jangan khawatir karena dikawasan ini juga terdapat Curug (air tejun) yang tidak kalah indahnya yaitu Curug Tilu yang dibuka untuk umum. Anda tinggal menitipkan kartu identitas Anda kepada petugas untuk memasuki kawasan Curug Tilu.

Tips Wisata Ke Situ Lembang

Sahabat Mawa. Jika dalam waktu dekat anda ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini maka pastikan anda menerapkan tips wisata di bawah ini. 

1. Badan Harus Dalam Kondisi Fit

Sahabat Mawa, perlu di ketahui bahwa di situ lembang ini memiliki udara yang cenderung lebih dingin di bandingkan di kawasan Dago dan sekitarnya. 

Maka dari itu jika anda sedang dalam kondisi kurang fit maka tidak di rekomendasikan untuk mengunjungi tempat ini. 

2. Gunakan Kendaraan Dalam Kondisi Baik

Perlu di ketahui sahabat bahwa rute menuju lokasi ini akan memakan waktu cukup lama jika anda dari kawasan bandung kota. Selain itu jalan menuju tempat tersebut memiliki beberapa tanjakan dan turunan extrime sehingga perlu menggunakan kendaraan dengan kondisi prima. 

3. Siapkan Uang Saku Secukupnya

Untuk harga tiket masuk situ lembang ini seharga nasi goreng di pinggiran kota bandung, jadi anda tidak perlu menyiapkan budget besar pada saat berkunjung ke lokasi ini. 

Dan jika anda ingin menghangatkan badan dengan membeli aneka jajanan, maka di sana tersedia warung kecil yang harganya pun sangat bersahabat. 

4. Gunakan Layanan Jasa Tour And Travel

Sahabat Mawa. Tahukah anda jika lembang ini memiliki objek wisata yang unik dan menarik selain situ lembang ? Di kawasan bandung utara ini anda akan di suguhkan dengan berbagai macam objek wisata berbagai macam konsep. 

Mulai dari konsep wisata alam, wisata edukasi dan wisata buatan. Tentunya akan sangat di sayangkan jika pada saat anda berkunjung ke lembang hanya mengunjungi satu titik wisata.

Nah kemudahan menggunakan layanan jasa tour and travel anda akan di suguhkan dengan berbagai macam pilihan kunjungan wisata di lembang dan sekitarnya. 

Terdapat promo menarik seputar paket wisata lembang bandung dan promo paket wisata bandung murah harga bersahabat dengan layanan terbaik.

Nah berikut adalah ulasan terkait tips wisata ke situ lembang yang perlu anda ketahui sebelum akhirnya anda berkunjung ke lokasi tersebut. 

Semoga artikel dengan judul Situ Lembang ini mempermudah anda dalam menemukan informasi terkait objek wisata, rute wisata dan fasilitas wisata. 

Terima Kasih.


Informasi Terkait :
misteri situ lembang
situ lembang angker
situ lembang kopassus
jalan menuju situ lembang
tiket masuk situ lembang bandung
cara masuk ke situ lembang
sejarah situ lembang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama