Tips Mencari Travel Bandung Untuk Kegiatan PKL

Salam teman - teman semua, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan informasi tentang Tips mencari travel bandung untuk kegiatan pkl

Saya tulis ini berdasarkan pengalaman saya yang pernah merasakan PKL di travel mawa holiday.
Salah satu travel recomended untuk teman - teman yang sedang bingung mencari tempat PKL untuk di jadikan sebagai bahan laporan kepada guru pembimbing.

Saya merasakan kenyaman pada saat melaksanakan tugas sekolah di travel ini, semoga artikel ini dapat memberi pencerahan untuk teman - teman di luar sana. Langsung saja.

Tips Mencari Travel Bandung Untuk Kegiatan PKL

Tips Mencari Travel Bandung Untuk Kegiatan PKL

Tips mencari travel bandung untuk kebutuhan PKL ini kerap di jadikan informasi utama para siswa yang sedang mencari tempat PKL.

Nah jika kalian bingung ingin magang di travel mana, maka di bawah ini perlu di ketahui beberapa point penting sebelum kalian menjalani kegiatan praktik kerja lapangan. 

Pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)

PKL atau Praktek Kerja Lapangan atau sering juga di sebut magang merupakan bagian dari program yang di lakukan bersama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Universitas dan Perusahaan.

Program yang di laksanakan di industri/perusahaan meliputi, Praktek dasar kejuruan dapat di laksanakan di perusahaan apabila perusahaan/industri memiliki fasilitas pelatihan di tempatnya dan praktik keahlian produktif dilaksanakan berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi/jasa sesuai dengan kompentensi keahlian nya.

Disamping dunia usaha, Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri,yaitu sekolah atau universitas, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah/universitas bisa di dapat di dunia usaha tersebut,

sehingga dengan adanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat meningkatkan mutu dan relevensi pendidikan menengah atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang mantap antar dunia pendidikan dan dunia usaha.

Maksud  Dan Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Maksud dilaksanakan nya Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang di wujudkan dalam kerja di suatu perusahaan.

Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan (PKL),
Praktek Kerja Lapangan (PKL) juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang bertujuan  meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan keterampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

Adapun Tujuan Diadakan nya Praktik Kerja Lapangan (PKL) Antara Lain :

  • Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha. 
  • Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
  • Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebaga persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya.
  • Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.   

Dasar Hukum

  • Undang-Undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Kepemendikbud No. 0490/U/1992, tentang Sekolah Menengah Kejuruan
  • Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK
  • Kepmendikbud No. 323/U/1993, tentang penyelenggaraan PSG pada SMK

Nah mungkin itu sedikit dari pengertian, maksud dan tujuan, dan dasar hukum Praktek Kerja Lapangan (PKL), dan disini saya akan memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang akan menghadapi Praktek Kerja Lapangan (PKL),
Oke langsung saja ini dia beberapa tips memilih tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) :

Tentukan Tujuan Magang

Temen-temen harus tahu dulu tujuan magang kalian apa. Misalnya, apakah untuk mencari nilai buat laporan magang dari kampus atau sekolah, atau cuman ngisi waktu luang atau juga bener mencari pengalaman bekerja.

Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Teman-temen bisa memulai mencari-cari informasi seputar perusahaan-perusahaan yang membuka kesmpatan buat magang atau pkl.

Kalian bisa cari di internet tuh kalian akan menemukan banyak perusahaan yang temen-temen inginkan atau kalian bisa juga tanyakan ke temen yang sudah pkl, ke orang tua, ke keluarga, papan pengumuman, ke guru biar kalian enggak salah pilih tempat pkl.

Selesksi Informasi

Setelah teman-teman mengumpulkan informasi tentang perusahaan-perusahaan yang membuka tempat magang, kalian bikin deh list perusahaan mana yang kalian incer dan pengen kalian masukin buat Praktek Kerja Lapangan (PKL),

dari mulai dari perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi sampai yang biasa aja, kenapa? Soalnya perusahaan yang punya kredibilitas tinggi akan berpengaruh sama karik kalian kedepan nya.

Cari Tahu Tempat PKL Atau Magang Yang Sudah Masuk List 

Sebelum memberikan persyaratan Praktek Kerja Lapangan ke perusahaan yang masuk list, sebaik nya temen-temen cari tahu lagi lebih dalam tentang job desc, salary, hingga birokasi nya.

Soalnya nanti kan temen-temen bakal langsung terjun ke dalam lingkungan perusahaan tersebut kalo enggak tau lebih dalam bisa-bisa ada poin-poin yang terlewatkan yang harus nya di dapatkan disana.

Nah caranya temen-temen bisa tanya ke kakak kelas yang pernah magang atau PKL di perusahaan tersebut, atau bisa juga temen-temen cari tahu atau tanya dari HRD perusahaan nya.

Siapkan Persyaratan

Setelah menentukan tujuan, mencari informasi-informasi tentang perusahaan nya, temen-temen menyiapan persyaratan yang di minta oleh perusahaan nya.

Biasanya sebelum PKL sekolah atau universitas akan memberikan surat permohonan PKL kepada perusahaan setelah ada panggilan baru perusahaan akan memberikan persyaratan seperti CV, foto dan yang lain nya.

Keep Contact 

Setelah mengirimkan surat permohonan Praktek Ketja Lapangan (PKL) dan persyaratan, tetap jaga hubungan dengan perusahaan yang di tuju teman-teman.

Cari tahu informasi mengenai penerimaan ataupun penolakan, hal ini akan membantu kalau temen-temen bener serius dengan lamaran yang diajukan.

Tapi biasanya saat memberikan persyaratan akan di minta nomer telepon yang aktif untuk memberikan konfirmasi mengenai diterima atau tidak nya.

Jadi Yang Terbaik ( Do your best)

Kalu temen-temen sudah di terima, lakukan pekerjaan yang diberikan kepada teman-teman dengan maksimal, jika ada tugas yang engga di mengerti lebih baik di tanyakan kepada pembimbing karena tugas pembimbing di perusahaan membimbing teman-teman hingga teman-teman mengerti,

dan teman-teman juga harus aktif di tempat PKL, justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita soalnya kalo kita tidak mendapatkan ilmu di tempat PKL sangat rugi, dan saat di tempat PKL teman-teman jangan terlihat sombong oleh pegawai perusahaan,

teman-teman SKSD saja sapa setiap orang yang berada di sekeliling kita dengan sopan, siapa tahu setelah magang, mereka bisa langsung merekrut temen-temen untuk kerja disana.

Iya mungkin itu sedikit tips memilih tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) secara umum yang bisa saya berikan, dan saya akan memberikan beberapa tips khusus untuk teman-teman yang sekolah atau kuliah yang mengambil program studi pariwisata.

Dasar Kerja PKL Di Mawa Holiday

Pada dasarnya PKL atau praktek kerja lapangan adalah memahami, menganalisa dan membantu sebuah perusahaan dalam menjalankan nya.

Dalam hal ini, mawa holiday telah menerapkan beberapa tugas utama calon siswa yang ingin magang di perusahaan ini. Diantaranya :

  • Mengikuti kegiatan tour yang terjadwal oleh mawa holiday, bertujuan agar siswa merasakan kerja lapangan bersama tour leader senior yang membawa tamu. Sehingga dapat di terapkan dan di presentasikan pengalaman tersebut terhadap guru pembimbing.
  • Membuat RAB tour bandung dan lain nya, materi akan di berikan oleh pihak mawa holiday kepada siswa.
  • Menerapkan hasil kerja lapangan dalam bentuk tulisan yang nantinya dapat di serahkan kepada pihak pembimbing.
  • Memahami produk - produk dari mawa holiday, dalam hal ini siswa cukup mempelajari produk yang telah terposting di web official mawa holiday yang tertera di bawah ini.
Paket wisata bandung murah, Paket gathering bandung, Paket outbound bandung
Semua info di atas dapat anda temui di web official kami www.mawaholiday.net

Tips Mencari Travel Bandung Untuk Kegiatan Praktek Kerja Lapangan

Silahkan simak beberapa tips mencari travel bandung untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan.
Travel mana ya yang cocok buat PKL aku? Aduh aku takut kalo aku PKL di travel ini, aku pengen nya di travel yang khusus tour, aku pengen nya di travel yang ada tiket nya ah biar aku bisa ngulik tiket.

Pasti terlintas seperti itu di pemikiran temen yang mau pkl di travel atau biro jasa perjalanan bingung milih travel yang bagus buat pkl biar nanti ke depan nya bisa di rekrut, nah buat temen-temen yang lagi bingung mencari Travel Bandung untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan,

Udah ga usah bingung lagi karna disini saya bakal memberikan beberapa tips untuk teman-teman dan mungkin bisa bermanfaat juga buat temen-temen.

  • Tentukan dulu pilihan temen-temen mau di Travel Umroh dan Haji atau Travel tour Domestic saja atau Travel tour Internasional dan Domestic
  • Pilih travel yang emang sudah kerja sama dengan sekolah atau universitas temen-temen biar temen-temen ngga salah milih travel dan juga kalo bisa pilih travel yang sudah terkenal di Bandung
  • Cari tahu mengenai travel itu apakah travel itu khusus tour atau tiket atau juga event organizer, kalo temen-temen ingin yang khusus tour emen-temen harus siap jika suatu saat temen-temen akan di bawa membawa tour, dan jika temen-temen memilih travel khusus tiket temen-temen harus siap juga karna pekerjaan mengisued tiket dan jangan sampe salah saat mengisued tiket karna kalo salah akan fatal nantinya.
  • Banyak bertanya pada kaka tingkat atau temen yang sudah pernah Praktek Kerja Lapangan di Travel atau di Biro Jasa Usaha itu agar lebih tau pekerjaan di sana itu seperti apa, kondisi nya bagaimana dan yang lain nya.

Nah temen-temen itu sedikit tips dari saya, dan sekarang saya akan kasih recomend Travel Bandung yang menerima untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan menjual paket wisata bandung serta menyewakan bus pariwisata bandung juga, berikut ini recomend travel bandung yang menerima program Praktek Kerja Lapangan nya :

Mawa Holiday 

Alamat :  Jl. Terusan Jakarta No 416 Ruko Puri Dago Kav 68 Antapani, Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon : 0812-2086-0758

Dago Wisata 

Alamat : Jl. Puter No. 7, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40133
Telepon: (022) 20454100

H.I.S Tour & Travel 

Alamat : No.81-A, Babakan Ciamis, Sumur Nomer travel yang lama udah di ganti, Jl. Ir. H.Djuanda, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Telepon: (022) 20454100

Dago Holiday

Kantor nya berada di Jl. Terusan Jakarta No 416 Ruko Puri Dago Kav 68 Antapani Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon  +62 22-877-889-58

Panorama Tours

Alamat: Jalan Sunda No.76D, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40172
Telepon: (022) 4208007

Bandung Trans Service

Alamat: Jl. Terusan Jkt No.416 Ruko 68, Jl. Puri Dago Selatan, Sukamiskin, Antapani, Bandung City, West Java 40293
Telepon: 0821-2170-4183

Mega Trans Holiday

Alamat: Jl. Terusan Jakarta, Depan ruko Puri Dago timur 1 no. 1 Antapani Bandung, Antapani, Sukamiskin, Bandung, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon: 0852-2184-3532

Rojo Tour 

Alamat : Jl. Terusan Jakarta No. 78-80, Antapani Tengah, Kota Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon : (022) 87789749

Classic Holiday

Alamat: Jalan Terusan Jakarta No.112H, Antapani Tengah, Antapani, Antapani Tengah, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon: (022) 7232322

Sanabil Tour

Alamat : Jalan Braga No. 7,Braga,Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Telepon : (022) 4242020

Bayu Buana

Alamat: Ruko Bayu Buana, Jl. Pasir Kaliki No. 150 D, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171
Telepon: (022) 4211711

Qiblat Tour 

Alamat : Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 15, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Telepon (022) 7271409

Pradia Tour & travel

Alamat : Jl. Terusan Jakarta No. 368 Ruko Puri Dago Kav 44, Antapani, Bandung, Jawa Barat
Telepon : (022) 88885531

Travalink Indonesia

Alamat : Jl. H. Moh. Iskat No. 20 Bandung – Jl. Kacapiring No. 17B
Telepon : (022) 7236928

My Duta Tour

Alamat : Jl. Belitung No. 3D Bandung
Telepon : (022) 42139941

Mungkin itu sedikit recomend Travel Bandung yang menerima program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan yang menyediakan Paket Wisata Bandung Dan Sewa Bus Pariwisata Bandung yang bisa saya berikan kepada teman-teman. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman.

Writer :
Hilyatu Siti Sa'adah
1164814
SMK ICB

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama