Teras Cikapundung Bandung - Harga Tiket Masuk,Sejarah,Jam Buka & Rute Jalan

Teras Cikapundung - Anda sedang mencari Objek Wisata di Bandung yang terkenal dengan sejarah dan merupakan sebuah kawasan Green area Taman di Kota Bandung ? jika iya, inilah Taman Teras Cikapundung Bandung.

Sahabat Mawa Holiday, liburan mengujungi Tempat Wisata di Bandung tidak hanya selalu identik berburu destinasi wisata kuliner, shoping maupun alam saja,

nah salah satu tujuan wisata baru seperti taman kota di Bandung kini jadi sesuatu yang menarik untuk didatangi dan sayang jika dilewatkan.

Hai sahabat Mawa Holiday, jumpa lagi dengan kami Mawa Holiday Tour & Ttravel, yang kali ini akan mereview satu ruang publik baru kota bandung yang terkenal namanya Teras Cikapundung.

Nah berikut ini adalah Review atau ulasan seputar apa saja daya tarik wisata yang populer juga berjuluk Cikapundung Riverspot ini ?

Fasilitas wisata apa saja yang bisa dinikmati pengunjung yang datang ke sana, dan berapakah Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung ?

Seperti apa Sejarah Teras Cikapundung, dan pukul berapakah Jam Buka serta Alamat, Peta Lokasi trayek Angkot serta Rute Jalan Menuju ke sana ?

yuk kita simak saja informasi seputar tempat wisata menarik yang ada di kota Bandung di bawah ini.


Teras Cikapundung BBWS Bandung



Sahabat Mawa Holiday Tour & Travel pecinta Wisata Bandung, Teras Cikapundung lokasinya berada di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi,

atau bagi warga kota bandung sendiri mereka populer menyebutnya dengan julukan Baksil, di jalan Siliwangi kota Bandung.

Green area ini dibuat oleh pemkot bandung di bawah arahan wali kota Ridwan Kamil yang berkonsep Urban dan Ekologi tepat di aliran sungai Cikapundung.

Tujuan dibangun Teras Cikapundung ini adalah menyediakan ruang umum terbuka untuk masyarakat kota bandung dan sekitarnya,

yaitu akan difungsikan sebagai tempat untuk bersosialisasi, bercengkrama di kawasan hijau kota yang nyaman untuk ditinggali.

Teras Cikapundung ini sendiri dibuka untuk masyarakat umum pada bulan desember 2015, dan peresmiannya dilakukan oleh Menteri PU dan pemkot bandung di pertengahan tahun 2016.

Wisata Teras Cikapundung Riverspot


Tempat Wisata Taman Teras Cikapundung BBWS Bandung di Malam Hari

Sahabat Mawa Holiday, Tempat Wisata Baru di Bandung ini sudah dari awal dibuka untuk umum, dikenal sebagai tempat wisata yang fenomenal dan populer.

terlihatnya Gambar Teras Cikapundung di medsos yang memperlihatkan beragam aktifitas pengunjung di tempat yang indah terutama di malam hari bertebaran di internet.

Maka tidak salah jika kemudian Teras Cikapundung ke depan akan menjadi daya tarik wisata baru di bandung bagi wisatawan yang sedang jalan - jalan ke kota kembang.

Bagi masyarakat kota bandung, tempat ini bisa dijadikan elternatif tempat wisata murah di kota bandung yang menyenangkan,

tepat dijadikan lokasi untuk bersantai sepulang beraktifitas kerja maupun sekolah, hingga sebagai tempat rekreasi saat menghabiskan libur akhir pekan.

Sementara bagi wisatawan dari luar kota bandung, tempat ini sebagai tempat lebih mengenal kebiasaan masyarakat kota bandung, sambil menikmati sisi eksotisme bandung.

Panoramanya yang instagramable, menjadikan Cikapundung Riverspot Bandung menjadi lokasi favorit pengunjung yang menyukai kegiatan fotografi dan berselfie.

tidak hanya itu saja, banyaknya fasilitas wisata yang ada di sana seperti adanya ampitheater cikapundung, taman, kolam akan semakin membuat wisatawan nyaman diam di sana.

Sejarah Teras Cikapundung Riverspot Bandung


Sejarah Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday, kita tentunya tidak boleh hanya bisa kagum dan terpikat saja ketika melihat eksotisme tempat ini, tanpa tahu sejarah dari kawasan Cikapundung ini bukan ?

kami yakin, belum semua orang mengetahui seperti apa sejarah dari tempat wisata Teras Cikapundung ini sehingga terlihat indah seperti sekarang.

Sahabat Mawa Holiday, Cikapundung dari dulunya adalah merupakan aliran sungai yang membelah kota bandung, dengan hulu di Bandung Utara dan bermuara di sungai citarum bandung selatan.

Hulu sungai Cikapundung lokasinya ada di Curug Omas kawasan Tempat Wisata di Lembang, dan airnya mengalir melewati Babakan Siliwangi,

selanjutnya aliran sungai ini kemudian masuk kota bandung dengan melintasi Jalan Braga serta Alun-Alun di kota Bandung.

Teras Cikapundung dari dulu sudah dikenal sebagai basecamp atau tempat bertemunya oarng-orang kreatif sekota bandung, terutama pusat berkumpulnya seniman Bandung.

Dari tempat ini juga dulunya berdiri beberapa sanggar seni hserta menjadi lokasi Tempat Wisata Kuliner di kota Bandung seperti warung makan hingga kemudian tidak terurus.

sehingga pada waktu itu, warga bandung mengenalnya sebagai salah satu tempat yang sangat menakutkan di kota bandung, hingga ada ucapan sebagai " tempatnya jin membuang anak "

Klimaknya terjadi di tahun 2013 yang lalu, warga kota bandung dalam komunitas " Save Babakan Siliwangi " berunjuk rasa menolak rencana pembagunan kawasan ini menjadi tempat untuk tujuan komersial dan pemukiman.

Sahabat Mawa Holiday, renovasi green area publik Babakan Siliwangi ini dikendalikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Citarum,

dan di dalam proses perbaikan serta renovasi kawasan ini pun ternyata melawati banyak sekali tantangan maupun kendala di dalam pengerjaannya.

salah satu contohnya kendala dari mulai proses relokasi pemukiman penduduk hingga proses pengerjaan proyek yang sempat berhenti di tahun 2014 yang lalu.

namun, mengikuti pergantian zaman dan dibawah kendali walikota bandung lulusan ITB Ridwan Kamil, wajah Baksil ini pun akhirnya bisa dibenahi seperti tampak sekarang.

Fasilitas Objek Wisata Teras Cikapundung BBWS


Gambar Area Sejarah Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday,  Teras Cikapundung saat ini menjadi lokasi wisata baru di kota bandung yang berkonsep urban tempat bertemunya warga, komunitas dan para seniman.

tempatnya yang berlokasi di salah satu kawasan hijau Babakan siliwangi, dan dekat dengan Sabuga, memberikan konsep ekologi dan bagus untuk lokasi ini.

Untuk menjadikannya sebagai kawasan wisata baru terpadu yang bisa menarik pengunjung, maka sepanjang daerah aliran sungai (DAS) cikapundung pun direnovasi dan difungsikan.

seperti relokasi bangunan liar yang ada di sepanjang pinggir aliaran sungai, pembersihan sungai dari kotoran seperti sampah,

pendalaman dengan pengangkatan endapan lumpur, dengan cara dimana kini selalu stanby sejumlah perahu karet sebagai alat transportasi wisata seperti halnya Bus Bandros.

Konsep tempat ini disesuaikan dengan tata kota dan rencana pemkot bandung dalam merubah tempat yang dulunya tidak terurus, kumuh dan menakutkan menjadi tempat yang nyaman dan aman.

konsep pembenanahannya Teras Cikapundung dari tempat yang kotor dan menakutkan, hampir sama dengan lokasi di bawah jembatan Pasupati di mana kini berdiri Taman Jomblo.

pun demikian seperti kahadiran taman kota di bandung lainnya yang sudah berubah seperti Taman Film Bandung, Taman Lansia, taman pramuka dan masih banyak yang lainnya.

Nah sahabat Mawa Holiday, berikut adalah beberapa fasilitas wisata yang sudah tersedia di Teras Cikapundung Riverspot Bandung :

1.Amphitheater Teras Cikapundung


Amphitheater Teras Cikapundung Bandung

Inilah fasilitas utama Teras Cikapundung, pusat dimana pengunjung asyik menikmati beragam aktifitas hiburan yang seru saat berada di sini seperti,

pertunjukan hiburan live music performance, nonton bareng laga sepakbola, hingga kegiatan eksebhisi, pameran dan masih banyak yang lainnya.

menariknya fasilitas utama wisata ini dibuat dengan memperhatikan tata kelola lingkungan ( Amdal ) serta ekologi, dengan cara dibuatkan 15 buah sumur resapan.

selain itu kawasan ini pun diperindah untuk dijadikan sebagai Taman di kota bandung yang asri dan rindang, seperti taman balkot Bandung atau taman Peta Park Bandung.

amphitheater ini sendiri adalah proyek nasional dalam program restorasi sungai cikapundung yang seharusnya finish pada tahun 2013,

namun karena sempat terhenti pada tahun 2014 dan baru dilanjutkan pembangunannya di tahun 2015 di bawah kontraktor PT ARJUNA.

dan akhirnya kini, warga kota bandung pun serta wisatawan sudah bisa menikmati ruang publik berkonsep edukasi di kota bandung ini,

Sahabat Mawa, Teras Cikapundung ini sendiri adalah proyek yang punya kembaran, yaitu Cikapundung Riverspot yang lokasinya berada di jalan Cikapundung Timur,

dan menurut kang emil, teras cikapundung ini akan dijadikan Tempat Wisata di dalam kota Bandung selevel dengan kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-Alun.

2.Jembatan Merah Cikapundung Riverspot


Jembatan Merah Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday, inilah ciri khas utama dari Teras Cikapundung, adanya jembatan berwarna merah dan terlihat cantik yang jadi penghubung bantaran sungai cikapundung.

Di kawasan tersebut juga dibuat tempat duduk berundak sebagai bisa tempat untuk duduk bersantai pengunjung serta tempat menonton hiburan di amphitheater.

3.Air Mancur Teras Cikapundung


Air Mancur Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday, inilah daya tarik sisi eksotisnya malam di sana, area air mancur yang memancar keluar dari banyak lubang yang mengelilingi air mancur tersebut.

saat malam tiba, area inilah yang paling ramai dipadati pengunjung yang ingin menaikmati keindahan air mancur yang disinari lampu sehingga nampak berwarna-warni.

Dan kini pun area air mancur ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto selfie atau sekedar duduk nongkrong  sambil mencicipi aneka makanan yang disiapkan.

4.Kolam di Teras Cikapundung


Kolam Ikan Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday, di sini pun ke depan rencananya akan dibangun juga kolam ikan yang akan diisi ikan khas sungai cikapundung seperti ikan badar, kehkel hingga beunteur.

selain itu, ke depan di Teras Cikapundung ini pun juga akan dibuatkan areal hutan kota, pesawahan serta yang lainnya.

untuk mewujudkannya akan dilakukan kerja sama dengan Komunitas Sungai Cikapundung yang tugasnya menyediakan dan prasarana untuk membuat kawasan ini pusat wisata edukasi.

sahabat mawa holiday, selain fasilitas di atas, di dalam kawasan tempat wisata ini pun sudah tersedia fasilitas seperti Toilet, Mushola dan juga warung tempat makan dll.

Gambar Teras Cikapundung BBWS Bandung

Sahabat Mawa Holiday Tour & Travel, bagi anda yang penasaran melihat seperti apa penampakan indahnya suasana Teras Cikapundung, silahkan lihat di Instagram @tecibdg.

Nah sahabat Mawa Holiday, bagaimana sangat menarik bukan ? jika iya, silahkan anda bisa lanjutkan membaca informasi penting lainnya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung

Sahabat Mawa Holiday, bagi anda yang tertarik untuk datang ke sana, setiap pengunjung akan dikenakan biaya atau tarif masuk sebagai berikut ;

Untuk pengunjung yang usianya dewasa dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000/orang, sedangkan pengunjung ana-anak cukup membayar Rp.5.000/orang

Catatan :

Dengan membayar tiket masuk di atas, selain anda bisa menikmati obejk wisata ini, juga anda mendapatkan free pelampung untuk masuk wahana rafting dengan perahu karet.

Alamat Teras Cikapundung BBWS di Bandung

Sahabat Mawa Holiday, alamat Teras Cikapundung sendiri berada di Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40131

Jam Buka Teras Cikapundung BBWS Bandung

Waktu operasional atau jam buka dari tempat wisata di dalam kota bandung ini adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai dari jam 07.00 - 22.00 WIB.

Nomer Telepon Teras Cikapundung BBWS

Untuk informasi harga tiket, fasilitas terbaru, kegiatan acara hingga informasi lainnya, silahkan anda bisa menghubungi :....

Peta Lokasi Teras Cikapundung BBWS

Silahkan anda bisa membukanya di sini

Rute Jalan Menuju Teras Cikapundung

Sahabat Mawa Holiday, berikut adalah cara mengakses lokasi tempat wisata teras cikapundung yang wajib anda ketahui, jika membawa kendaraan sendiri,

Namun bagi anda yang sedang mengikuti program Paket Wisata Bandung Murah dari kami, atau anda gunakan jasa Rental Mobil Bandung dengan Supir dari kami,'

maka informasi ini bisa anda lewatkan, karena jika menggunakan 2 jenis jasa layanan tour travel dari kami di atas, anda sudah disediakan guide dan juga sopir.

Rute Jalan menuju Teras Cikapundung dari Dago

Sahabat Mawa jika dari arah Jalan Ir. H. Juanda (Dago) di simpang lima anda arahkan belok kiri kendaraan anda menuju ke Jalan Sumur Bandung,

selanjutnya tepat di pertigaan berbelok arah ke kanan menuju ke Jalan Tamansari, dan selanjutnya belok kiri ke arah Jalan Siliwangi (sebelum pertigaan ke Punclut).

Rute Jalan Menuju Teras Cikapundung Dari Cihampelas

Dari arah Jalan Cihampelas, silahkan ambil arah kendaraan menuju ke jalan Ciumbuleuit hingga tiba di pertigaan belok kanan ke Jalan Siliwangi (stopan simpang Dago).

Nah tidak jauh dari turunan jalan tersebut, silahkan anda tinggal lihat sebelah kiri, maka anda pun akan tiba di lokasi tempat wisata di bandung ini.

Angkot Menuju Teras Cikapundung

Sahabat Mawa Holiday, bagi anda yang berencana naik kendaraan umum seperti angkutan kota ( angkot ) di Bandung, berikut beberapa rute trayeknya ;

1.Trayek Angkot dari Stasiun Bandung,

Pertama anda naik angkot 09 jurusan Stasiun Hall - Dago dan turun di simpang dago, kemudian naik angkot 06 jurusan Cicaheum - ciroyom dan turun di lokasi.

2.Trayek Angkot dari Terminal Cicaheum

Dari terminal cicaheum, silahkan anda bisa menggunakan angkot 05 jurusan Cicaheum - Ledeng, atau angkot 06 jurusan Cicaheum - Ciroyom dan turun di lokasi

bagaimana sahabat mawa ? apakah anda semakin tertarik datang ke sana ? atau anda tertarik juga mengunjungi tempat - tempat wisata di kota bandung dan sekitar lainnya ?

nah jika iya, kami dari Mawa Holiday Tour & Travel mempunyai tips wisata jalan - jalan di kota berjuluk Paris Van Java ini dengan cara yang mudah, efisien dan Murah meriah.

Tips Liburan Murah Ke Bandung Bersama Mawa Holiday Tour & Travel

Sahabat sekalian, inilah cara terbaik sekaligus solusi yang tepat bagi anda yang mau mengeksplorasi keberagaman tempat - tempat wisata terkenal di bandung bersama Mawa Holiday,

Kami telah menyiapkan beragam paket perjalanan wisata ke bandung untuk anda semua, dengan fasilitas terbaik dan lengkap serta dijamin dengan harga paling kompetitif.

Caranya, bergabunglah bersama program Paket Wisata ke Bandung Murah yang telah kami siapkan untuk liburan sempurna anda ke kota kembang.

Berikut adalah beberapa Paket Tour Wisata Ke Bandung dari kami yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget wisata anda :

1.Paket Wisata Bandung 1 Hari, jajalah objek wisata Teras Cikapundung dan objek wisata menarik lainnya dalam waktu sehari secara maksimal dan menyenangkan.

2.Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, inilah program paket tour wisata favorit wisatawan yang mau liburan bersama anggota keluarga atau berdua dengan pasangan.

3.Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam, inilah Paket Tour Bandung dari kami yang akan mengajak anda mengekplorasi objek wisata pilihan di bandung secara lengkap.

4.Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam, inilah Tour Wisata Bandung dengan fasilitas hebat dan tingkat kenyamanan full dari kami Mawa Holiday.

5.Paket Wisata Sari Ater Bandung Murah, inilah paket tour wisata ke bandung yang cocok anda gunakan ketika mau liburan ke bandung dengan cara rombongan.

Nah sahabat mawa holiday, itulah beberapa paket wisata ke bandung terpopuler dari kami yang bisa anda gunakan juga seperti pelanggan yang telah gunakan jasa kami.

selain paket wisata, mawa holiday juga melayani jasa tempat Sewa Bus Pariwisata Murah dengan harga dijamin kompetitif bahkan murah di bandung.

nah sahabat, dengan informasi di atas, kang dian cukupkan juga review objek wisata di kota bandung terpopuler saat ini, yaitu Teras Cikapundung.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama