Wisata Ranca Upas Ciwidey - Info Harga Dan Fasilitas

Wisata Ranca Upas Ciwidey - Wisata ke Ciwidey memang tidak aka nada habisnya. Kali ini Ranca Upas menjadi topic yang akan kami bahas untuk Anda. Keindahan sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam pesona yang menyejukkan mata ini ialah kampong cai ranca upas. Kawasan ini dulunya adalah bumi perkemahan yang sekaligus sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas.

Wisata Ranca Upas Ciwidey

Kegiatan paling mengasyikkan di tempat ini adalah memberi makan rusa dengan sayuran atau wortel yang telah disediakan. Cervus Timorensis atau Rusa Jawa yang ditangkar di hutan lindung kawasan Ranca Upas Ciwidey memiliki bulu indah coklat kemerahan, sementara bulu leher dan kaki terlihat sedikit lebih terang.

Wisata Ranca Upas Ciwidey
Wisata Ranca Upas Ciwidey
Bumi perkemahan Ranca Upas memiliki luas lebih kurang 215 Ha yang ada di RPH PATROL, BKPH Tambakruyung Timur KPH Bandung Selatan, atau mungkin barangkali lewat cara administrative pemerintahan bumi perkemahan ini terdaftar dalam desa alam endah kecamatan Ciwidey kabupaten Bandung. Wisata bandung ini memiliki pepohonan yang jarang dijumpai seperti pohon Puspa, Huru, Pasang, Harimung, Kurai, Jamuju, Kitambang, dan Kihujan.

Tak hanya itu, kawasan ini juga kaya akan kehidupan fauna seperti burng tekukur, gagak, elang serta surili, monyet, dan macan. Anda dapat menyaksikan populasi burung dan satwa-satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan.

Lokasi wisata Ranca Upas Ciwidey tidak jauh dari Situ Patengan atau Kawah Putih. Kira-kira 6 km atau 10 menit perjalanan dari tempat wisata tersebut. Lebih tepatnya, Ranca Upas Ciwidey ini terletak di jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Ranca Bali, Ciwidey, patengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Info Harga Dan Fasilitas 

Dengan kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas yang menarik ditambahkan di kawasan ini, seperti War Games, ATV, Kolam Pemandian Air Hangat.
Fasilitas yang ada di bumi perkemahan Ranca Upas:

Fasilitas perkemahan yang baik dan nyaman

  • Villa, bila tidak ingin menggunakan tenda.
  • Gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai
  • Mushola 
  • WC Umum
  • Warung-warung kecil
  • Fasilitas Outbound
  • Penangkaran Rusa
  • Parkiran yang luas
Jika Anda ingin bercamping, anda bisa membawa sendiri perlengkapan berkemah. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, maka Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini menyediakan persewaan tenda dengan harga beragam. Tenda kapasitas 2-3 orang disewakan seharga Rp.150.000,-/ tenda. Sementara untuk kapasitas 4-5 orang disewakan seharga Rp.200.000,- per tenda, sedangkan tenda besar yang cukup untuk 6-8 orang bisa disewa seharga Rp.350.000,-per tenda.

Di kawasan yang terkenal sebagai tempat bercamping ini memiliki kapasitas mencapai 10.000 ribu orang, sehingga tempat ini sangat leluasa dan Anda bisa memilih lokasi untuk bercamping yang sesuai dengan keinginan Anda.

Rute menuju wisata Ranca Upas Ciwidey

Untuk menuju objek wisata Ranca Upas tidaklah sulit. Dari pusat kota Bandung, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Rute termudah yang bida Anda lewati adalah dari Jalan Selatan bandung yang menuju kea rah Soreang, kemudian dilanjutkan kea rah Ciwidey. Namun, jika Anda sudah berada di daerah Ciwidey, misalnya Anda sudah di tempat wisata Kawah Putih atau Situ Patengan, maka perjalanan Anda untuk menuju lokasi Ranca Upas sudah dekat. Sebab lokasinya kurang lebih 6 km dari dua tempat wisata tersebut.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda naik di terminal bus Leuwipanjang dengan jurusan menuju Ciwidey. Ketika sudah sampai di terminal Ciwidey, lanjutkan perjalanan ke Kampung Cai Ranca Upas dengan meggunakan angkot.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama