10 Tempat Wisata Populer di Kota Gudeg


10 Tempat Wisata Populer di Kota Gudeg - Kota Gudeg merupakan julukan dari Yogyakarta, selain terkenal dengan wisata kulinernya kota ini juga sangat populer di pariwisatanya, jika Anda belum mengunjungi kota Yogyakarta maka alangkah baiknya Anda tidak melewatkan 10 tempat wisata populer di kota gudeg :

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis ini adalah salah satu pantai yang lebih di minati para wisata, dengan deburan ombak yang cukup besar, serta tedapat tebing batu yang menjulang tinggi dan berhamparan pasir vulkanis hitam yang kemilau tatkala di terpa sinar mentari, yang menjadikan daya tarik pantai yang memberikan sebuah ketenangan dan keindahan. Berdasarkan legendanya , pantai ini adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, yakni penguasa Pantai Selatan yang terkenal dengan ciri khas pakaiannya berwarna hijau.    

2. Pantai Baron

Pantai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota gudeg ini memiliki pesona panorama yang indah dan bagi Anda yang ingin menyantap aneka hidangan laut maka di pantai inilah Anda akan mendapatkan hidangan laut yang beraneka macam.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi peninggalan  Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggra, yang memiliki ketinggian 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia  pada tahun1991 oles UNESCO. Sejarah Candi Prambanan terjadi pada tahun 850 Masehi.

4. Candi Plaosan

Candi Plaosan dibangun oleh rakyat Panagkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga membangun Candi Borobudur dan Candi Sewu.

5. Resor Kaliurang

Sebuah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 900 m dpl, disini Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian tersebut, selain itu udaranya sangat sejuk dan mampu menyegarkan tubuh sehinggga jika Anda ingin merasa fresh berkunjunglah ke tempat wisata yang satu ini.

6. Malioboro

Suasana romantis di malam hari salah satunya di Malioboro, berjalan-jalan di malam hari yang menjadikan salah satu favorit para penikmat perjalanan untuk sekedar menghabiskan waktu di kota gudeg ini. Selain itu juga Anda dapat membeli oleh-oleh untuk kelurga, saudara, bahkan teman dan sahabat Anda, dengan begitu jangan lewatkan tempat yang satu ini.

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah contoh terbaik karya arsitektur tradisional Jawa yang paling menarik, jika Anda senang dengan bangunan yang bernuansa tradisional maka alangkah baiknya Anda berkunjung ke tempat ini.

8. Museum Sonobudoyo

Inilah museum di kota gudeg yang menyuguhkan Anda mengenai sejarah, budaya, dan arsitektur Jawa yang mengagumkan. Bagi Anda yang senang akan sejarah yang terperinci Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini, selain itu Anda juga akan di suguhkan budaya dan pengetahuan mengenai arsitektur Jawa.

9. Goa Selarong

Goa Selarong adalah tempat yang memiliki sjarah perjuangan seorang Pangeran Diponegoro berpusat, dan menjadi sebuah markas gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda. Di wisata ini Anda juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai masa penjajahan Belanda

10. Kota Gede

Tempat wisata ini merupakan tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru, di sini juga Anda akan merasa nostalgia mengenai zaman Panembahan Senopati.
 
Nah, itulah 10 tempat wisata populer di kota gudeg, semoga Anda tidak melewatkan tempat wisata populer tersebut, ayo segera kinjungi tempat wisata populer lainnya.

Info Terkait

  • Wisata ke jogja
  • Backpacker ke jogja
  • Tempat wisata menarik di jogja
  • Daftar tempat wisata di kota gudeg
  • Keunikan kota jogja
  • Jalan jalan ke jogja

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama