Sejarah Indonesia Juga Ada Di Bandung

Sejarah Indonesia Juga Ada Di BandungSejarah Indonesia mungkin jika dibukukan tidak akan habis dibahas dalam 3 atau 4 jilid buku. Bahkan mungkin bisa mencapai bilangan puluhan jilid buku. 

Hal yang dapat dibahas dalam buku ada banyak. Mulai dari sejarah indonesia kuno, siapa saja orang yang berpengaruh dalam peta sejarah indonesia, asal-usul manusia yang tinggal di tempat yang kini diberi nama indonesia, waktu yang berkaitan dengan sejarah indonesia, hingga tempat yang juga berpengaruh dan bersejarah di indonesia.

Sejarah Indonesia Juga Ada Di Bandung

Sejarah Indonesia Juga Ada Di Bandung

Sejarah nama indonesia pun juga layak masuk dalam data-data yang mendukung lengkapnya sejarah bangsa indonesia. 

Bandung sebagai salah satu kota besar dan berpengaruh bagi sejarah indonesia juga memiliki banyak tempat wisata sejarah yang harus anda kunjungi saat berlibur di kota ini.

Ada beberapa nama jalan yang diambil dari peristiwa maupun nama tokoh yang menyumbangkan sejarah di kota kembang bandung ini. sebagai salah satu tempat yang sempat dijadikan sebagai ibukota hindia belanda menggantikan jakarta, walau sebentar, bandung berhak masuk dalam Sejarah Indonesia. 

Ada beberapa nama jalan bersejarah yang ada di kota bandung. Pertama, jalan asia afrika. Jalan asia afrika ini dianggap sebagai sebuah jalan utama di bandung karena menjadi saksi terhadap pembangunan di bandung. Terdapat banyak gedung di sepanjang jalan ini yang juga memiliki nilai historis.

Kedua dalam jalan yang menjadi Sejarah Indonesia, jalan braga. Jalan yang dianggap sebagai jalan yang paling bergengsi di jaman hindia belanda ini muncul bersamaan dengan pembangunan gedung untuk publik dan komersial. 

Jalan ini bahkan mendapat julukan “the most in the east indies”. Maksudnya ialah tempat untuk saling mengagumi pesona diri dan penampilan raga para pengunjung. 

Terakhir adalah kilometer 0. Di tempat inilah daendels menancapkan tongkat miliknya dan berucap, ”coba usahakan. Bila aku datang ke tempat ini, sebuah kota akan terbangun.” Sebuah monumen kecil menandai kilometer 0 ini. 

Sejarah Indonesia Dalam Nama Gedung

Nama gedung pertama yang anda ingat saat mendengar kata bandung atau wisata di bandung mungkin ialah gedung sate. Gedung ini menjadi salah satu tempat Sejarah Indonesia di kota bandung. 

Gedung yang dibangun tahun 1920 ini dinamakan gedung sate karena bagian atas gedung ini berbentuk seperti sate tusuk. 

Gedung ini bersejarah karena menjadi gedung perkantoran pemerintah yang pertama kali dibangun di jawa barat. 

Warga bandung biasanya bersantai di tempat ini. ada banyak pedagang yang berjualan di sini, khususnya di hari minggu. Kedua, gedung gubernuran. Gedung yang menjadi tempat tinggal residen priangan pertama di kota bandung ini mulai dibangun tahun 1864. Ketiga, vila isola. 

Gedung art deco karya seorang c.p. wolff  zcoemaker ini dianggap berhasil menyatukan antara lingkungan dengan bangunan. 

Dulunya, vila isola sempat beroperasi sebagai hotel. Namun, tahun 1953 gedung ini diambil alih oleh kementerian pendidikan untuk dijadikan perguruan tinggi untuk pendidikan calon guru. Hingga saat ini vila isola telah menjadi milik universitas pendidikan indonesia.

Tempat keempat dalam Sejarah Indonesia ialah gedung merdeka. Gedung ini menjadi tempat konferensi asia afrika pada 1955. 

Gedung ini awalnya ialah sebuah club house societet concordia. Di tahun 1980, di sebelah sayap kiri gedung ini dijadikan sebagai museum asia afrika. Kelima, gedung konvensi landmark. Gedung ini sama-sama dirancang oleh wolff schoemaker. 

Dulunya gedung ini ialah toko buku dan percetakan van drop. Konon, untung yang diperoleh oleh perusahaan percetakan dan toko buku ini dapat digunakan untuk membangun 50 vila mewah di masa itu.

Sejarah Indonesia Dalam Fasilitas Umum

Ada tiga fasilitas umum yang dulu hingga sekarang menjadi tempat Sejarah Indonesia di bandung. Pertama, masjid agung. 

Masjid agung dibangun tahun 1812 dan menjadi masjid pertama di bandung. Awalnya desain masjid ini amat sederhana. 

Hingga sekarang masjid ini telah mengalami 8 kali renovasi. Kedua ialah alun-alun bandung. Alun-alun bandung mengambil konseo catur gatra. 

Konsep ini berasa dari kerajaan mataram. Tempat ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk bearagm kegiatan sosial budaya, upacara pemerintahan dan tempat rekreasi. Pengetahuan anda tentang Sejarah Indonesia akan bertambah saat mengunjungi tempat-tempat ini secara langsung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama