Situ Cisanti Bandung - Review Wisata Danau Pangalengan Majalaya, Fasilitas Dan Harga

Situ Cisanti Pangalengan Bandung

Sungai Citarum adalah sungai yang menyebabkan banjir karena meluapnya air sungai dan merupakan sungai terbesar dan terpanjang di tataran pasundan, Jawa Barat. Namun dibalik kejadian itu, sungai Citarum memiliki hulu atau mata air dengan pemandangan yang sangat mempesona dan bisa dijadikan salah satu destinasi untuk Anda, yaitu Situ Cisanti.

Mitos Situ Cisanti 

Pada zaman Belanda, ada sesosok wanita cantik bermata biru dan berdarah Belanda yang dipanggil sebutan “Santi”, begitu masyarakat sekitar Desa Tarumajaya lebih mengenalnya. Bisa jadi rujukan mojang parahyangan sebetulnya tertuju ke daerah ini. Tapi mojang-mojang sunda yang bermata biru bak noni Belanda itu sebuah mitos.

Info Lokasi Situ Cisanti Panganlengan Majalaya

Situ Cisanti sebuah tempat nan jauh di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dan berada di kaki Gunung Wayang. Lokasinya cukup dekat dengan objek wisata alam lainnya di Pangalengan seperti Gunung Puntang dan Pemandian Air Panas Cibolang.

Situ Cisanti Bandung - Review Wisata Danau Pangalengan Majalaya, Fasilitas Dan Harga
Situ Cisanti Bandung - Review Wisata Danau Pangalengan Majalaya, Fasilitas Dan Harga 
Situ Cisanti juga disebut-sebut mirip dengan Lake Como yaitu sebuah danau yang terletak di Italia Utara. Situ Cisanti berada di ketinggian sekitar 1500 sampai 3000 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 10 Ha. Pemandangan disini begitu memukau mata dengan dikelilingi pepohonan hijau rindang yang membuat Anda merasa begitu tenang. Kawasan Situ Cisanti ini merupakan nadinya perairan di Jawa Barat terdapat tujuh mata air, diantaranya Cikahuripan (Pangsiraman), Mastaka Citarum,  Cihaniwung, Cikoleberes, Cikawedukan, Cisadane, dan Cisanti.

Wisata Ke Situ Cisanti - Penganlaman Menarik Berwisata di Danau

Selain Anda dapat menikmati pemandangan yang mengagumkan, Anda juga dapat melakukan hal lainnya seperti camping, berkeliling danau dengan menggunakan perahu dan memancing. Disekitar lokasi ini juga kerap dijadikan objek para penggila fotografi dan juga foto pra-wedding. Nuansanya benar-benar romantic sehingga Anda tidak akan merasa bosan ataupun menyesal jika berkunjung ke tempat satu ini. Situ Cisanti juga memiliki nama lain yaitu Nol Kilometer Citarum.

Baca :  Juga Informasi Wisata Bandung Selatan dan Harga Paket Wisata Bandung Murah

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalan yang berada tepat di pinggir Terminal Ciparay. Perjalanan menuju Situ Ciparay bisa memakan waktu 1 jam lebih atau sekitar 41 Km. Jika dari daerah Bandung Timur, jarak tempuh menuju Situ Cisanti bisa mencapai sekitar 2 jam perjalanan atau 62 Km dengan menggunakan roda dua atau pu roda empat sama saja.

Jika Anda melalui Pangalengan, rute jalan ini melalui pasar Pangalengan menuju pintu gerbang PTPN VIII Pangalengan, dari sana kemudian menuju perkebunan Talun Sentosa, tepatnya di desa Sentosa Kecamatan Kertasari, atau bisa mengambil arah patokan pertama menuju Pemandian Air Panas Cibolang di desa wanasuka, areal perkebunan the purbasari, kemudian melewati perkebunan teh dan juga pabrik teh Malabar di desa babakan, kemudian tinggal mengikuti petunjuk arah hingga sampai di Situ Cisanti. Anda juga dapat menggunakan angkutan umum dengan rut eke kecamatan Kertasari, selanjutnya dari sana naik ojek. Sedangkan dari Kecamatan Pacet, ada baiknya Anda mengambil arah menuju Desa Sukarame – Desa Cibeureum.

Dengan tiket seharga Rp.7.500,-/orang maka Anda sudah dapat menikmati keindahan dan semua fasilitas yang ada di dalam kawasan Situ Cisanti ini. Dengan areal parkir yang luas yang sudah dipasang pavin block, sehingga cukup nyaman dan aman untuk parkir kendaraan Anda. Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga terdapat beberapa kedai tempat makan dan minum dan juga tempat beribadah (mushola). Situ Cisanti dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama